PERTANYAAN -
PERTANYAAN PENTING SEBAGAI PEDOMAN
PENYUSUNAN DAN PENGEMBANGAN CERITA DAN
BEBERAPA CONTOH PERTANYAAN FILM-FILM BOX OFFICE HOLLYWOOD
Bagi Anda semua
yang sangat suka dengan tulus menulis scenario dan buku apapun bentuknya, bersama
ini penulis memberikan tip dan trik yang penulis peroleh dari referensi buku
yang penulis baca beberapa waktu yang lalu sebelum saya menulis buku SW1. Referensi
itu sebagai patokan dan rahasia penulisan adopsi kepada bentuk scenario
film-film box office Hollywood. Disamping membaca buku dan teorinya, penulis
juga menonton visualnya di theater yang memang penampilan audio videonya sangat
menarik dan laku dipasaran hingga mendunia. Tujuh besar sebagai point-point dimaksud
ini penulis rangkum sebagai berikut;
No. 1.
PERTANYAAN;
Siapa tokoh /
karakter utama Anda? (Anda hanya boleh memiliki satu tokoh utama / protagonis.)
No. 2.
PERTANYAAN;
Apa yang
diinginkan / dibutuhkan / didambakan oleh tokoh utama Anda? (Dengan kata lain,
apa masalah utama yang dihadapi tokoh utama? Harap diingat, masalah utama ini
perlu diartikulasikan dalam bentuk kebutuhan internal dan eksternal.)
No. 3.
PERTANYAAN;
Siapa / apa
yang tetap menghalanginya dari mendapatkan apa yang dia inginkan? (Siapa / apa
saja yang terlihat sebagai antagonis dan siapa / apa yang jelas-jelas merupakan
antagonis?)
No. 4.
PERTANYAAN;
Bagaimana
pada akhirnya tokoh utama berhasil mencapai apa yang dia cita-cita-kan dengan
cara yang luar biasa, menarik, dan unik?
No. 5.
PERTANYAAN;
Apa yang
ingin Anda sampaikan dengan mengakhiri cerita seperti ini? (Apa tema cerita
film Anda, dan apakah Anda memiliki Unifying Filmic Devices – UFD = Unsur-unsur
Pemadu Film?)
No. 6.
PERTANYAAN;
Bagaimana
Anda mengisahkan cerita film Anda? (Siapa yang harus mengisahkan cerita film
itu, jika ada, dan alat naratif apa yang hendak Anda pakai?)
No. 7.
PERTANYAAN;
Bagaimana
tokoh utama dan tokoh – tokoh pendukung lain mengalami perubahan dalam cerita
ini?
CONTOH JAWABAN:
HARRY POTTER
AND THE SORCERER’S STONE
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
1.
|
Siapa tokoh
utama Anda? (Anda hanya boleh memiliki satu tokoh utama.)
|
Penyihir
cilik Harry Potter.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
2.
|
Apa yang
diinginkan / dibutuhkan / didambakan oleh tokoh utama Anda? (Dengan kata
lain, apa masalah utama yang dihadapi tokoh utama? Harap diingat, masalah
utama ini perlu diartikulasikan dalam bentuk kebutuhan internal dan
eksternal.)
|
Harry ingin
mendapatkan batu bertuah dan mengalahkan Voldemort. Pada taraf emosional, dia
ingin dicintai dan memiliki sebuah keluarga. Dia juga ingin tahu jati
dirinya, serta dari mana dia berasal.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
3.
|
Siapa / apa
yang tetap menghalanginya dari mendapatkan apa yang dia inginkan? (Siapa /
apa saja yang terlihat sebagai antagonis dan siapa / apa yang jelas-jelas
merupakan antagonis?)
|
Draco
Malfoy, Profesor Snape, dan yang paling penting, Voldemort. Harry juga
dihalangi oleh kapasitas dan pengalamannya yang masih kurang.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
4.
|
Bagaimana
pada akhirnya tokoh utama berhasil mencapai apa yang dia cita-cita-kan dengan
cara yang luar biasa, menarik, dan unik?
|
Bekas luka
didahi Harry menyebabkan sentuhannya berarti maut bagi Voldemort sehingga
ketika dia meletakkan tangannya ditubuh Voldemort, sang penyihir jahat pun
dipaksa untuk pergi dan menghilang. Dia juga dibantu oleh semangat yang gigih
dan jiwa pemberani yang dia miliki.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
5.
|
Apa yang
ingin Anda sampaikan dengan mengakhiri cerita seperti ini? (Apa tema cerita
film Anda, dan apakah Anda memiliki Unifying Filmic Devices – UFD =
Unsur-unsur Pemadu Film?)
|
Cinta dan
keluarga dapat menaklukan segalanya.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
6.
|
Bagaimana
Anda mengisahkan cerita film Anda? (Siapa yang harus mengisahkan cerita film
itu, jika ada, dan alat naratif apa yang hendak Anda pakai?)
|
Dengan
sudut pandang orang ketiga, tanpa flashback, tanpa narasi, dengan musik yang
digunakan untuk menekankan tema, adegan dan pola.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
7.
|
Bagaimana
tokoh utama dan tokoh – tokoh pendukung lain mengalami perubahan dalam cerita
ini?
|
Harry
belajar untuk mencintai dan percaya pada dirinya sendiri. Hermione berubah
dari seorang kutu buku yang selalu men-taati peraturan menjadi seseorang yang
mempunyai rasa persahabatan, dan rela mempertaruhkan kepentingan akademisnya
demi keselamatan teman-temannya. Ron hanya perlu menjadi dirinya sendiri.
|
THE SHAWSHANK
REDEMPTION
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
1.
|
Siapa tokoh
utama Anda? (Anda hanya boleh memiliki satu tokoh utama.)
|
Andy
Dufrense
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
2.
|
Apa yang
diinginkan / dibutuhkan / didambakan oleh tokoh utama Anda? (Dengan kata
lain, apa masalah utama yang dihadapi tokoh utama? Harap diingat, masalah
utama ini perlu diartikulasikan dalam bentuk kebutuhan internal dan
eksternal.)
|
Andy ingin
bebas, memperoleh kehidupan kembali. Dia juga berusaha keras menjaga agar
harapannya tetap hidup.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
3.
|
Siapa / apa
yang tetap menghalanginya dari mendapatkan apa yang dia inginkan? (Siapa /
apa saja yang terlihat sebagai antagonis dan siapa / apa yang jelas-jelas
merupakan antagonis?)
|
Norton,
para anggota tahanan yang lain, penjaga Shank, keyakinan bahwa dia telah
membunuh istrinya dan patut mendapatkan hukuman.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
4.
|
Bagaimana
pada akhirnya tokoh utama berhasil mencapai apa yang dia cita-citakan dengan
cara yang luar biasa, menarik, dan unik?
|
Dia
menggali terowongan melalui tembok, merangkak keluar melalui pipa pembuangan
kotoran, menghapus rekening palsu yang dia buat untuk Norton, dan pergi ke
Meksiko.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
5.
|
Apa yang
ingin Anda sampaikan dengan mengakhiri cerita seperti ini? (Apa tema cerita
film Anda, dan apakah Anda memiliki Unifying Filmic Devices – UFD =
Unsur-unsur Pemadu Film?)
|
Jika Anda
kehilangan harapan, Anda sama saja dengan mati. “Harapan adalah hal yang
baik, mungkin hal yang terbaik, dan hal yang baik tak akan pernah mati”.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
6.
|
Bagaimana
Anda mengisahkan cerita film Anda? (Siapa yang harus mengisahkan cerita film
itu, jika ada, dan alat naratif apa yang hendak Anda pakai?)
|
Sebagian
besar secara kronologis, dengan seorang narrator dan beberapa kilas balik.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
7.
|
Bagaimana
tokoh utama dan tokoh – tokoh pendukung lain mengalami perubahan dalam cerita
ini?
|
Silakan
lihat diatas. (?)
|
THE PATRIOT
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
1.
|
Siapa tokoh
utama Anda? (Anda hanya boleh memiliki satu tokoh utama.)
|
Benjamin
Martin.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
2.
|
Apa yang
diinginkan / dibutuhkan / didambakan oleh tokoh utama Anda? (Dengan kata
lain, apa masalah utama yang dihadapi tokoh utama? Harap diingat, masalah
utama ini perlu diartikulasikan dalam bentuk kebutuhan internal dan
eksternal.)
|
Dia ingin
bebas dan membalas dendam.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
3.
|
Siapa / apa
yang tetap menghalanginya dari mendapatkan apa yang dia inginkan? (Siapa /
apa saja yang terlihat sebagai antagonis dan siapa / apa yang jelas-jelas
merupakan antagonis?)
|
Tavington,
Cornwallis, dan roh jahatnya sendiri.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
4.
|
Bagaimana
pada akhirnya tokoh utama berhasil mencapai apa yang dia cita-citakan dengan
cara yang luar biasa, menarik, dan unik?
|
Dia
membunuh Tavington dengan peluru yang dibuat dari prajurit-timah milik
putranya, dan dia juga meraih bendera dan memimpin pasukannya menuju
kemenangan.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
5.
|
Apa yang
ingin Anda sampaikan dengan mengakhiri cerita seperti ini? (Apa tema cerita
film Anda, dan apakah Anda memiliki Unifying Filmic Devices – UFD =
Unsur-unsur Pemadu Film?)
|
Seorang
patriot yang sangat yakin pada kebebasan dapat mengubah dunia.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
6.
|
Bagaimana
Anda mengisahkan cerita film Anda? (Siapa yang harus mengisahkan cerita film
itu, jika ada, dan alat naratif apa yang hendak Anda pakai?)
|
Kisah ini
diceritakan secara kronolois.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
7.
|
Bagaimana
tokoh utama dan tokoh – tokoh pendukung lain mengalami perubahan dalam cerita
ini?
|
Coba lihat
halaman / film-nya.
|
O BROTHER
WHERE ART THOU?
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
1.
|
Siapa tokoh
utama Anda? (Anda hanya boleh memiliki satu tokoh utama.)
|
Everett
Ulusses McGill adalah tokoh utama-nya.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
2.
|
Apa yang
diinginkan / dibutuhkan / didambakan oleh tokoh utama Anda? (Dengan kata
lain, apa masalah utama yang dihadapi tokoh utama? Harap diingat, masalah
utama ini perlu diartikulasikan dalam bentuk kebutuhan internal dan
eksternal.)
|
Dia ingin
pulang kembali kepada istri dan anak-anaknya. Pada tingkat emosional, dia
ingin dicintai oleh istri dan keluarganya serta dihormati oleh teman-temannya.
Dia juga ingin menyangkal bahwa Tuhan itu ada, tetapi dia mengubah
pandangannya sejalan dengan alur cerita.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
3.
|
Siapa / apa
yang tetap menghalanginya dari mendapatkan apa yang dia inginkan? (Siapa /
apa saja yang terlihat sebagai antagonis dan siapa / apa yang jelas-jelas
merupakan antagonis?)
|
Hukum,
Alam, Tuhan, Sang Setan, dan istrinya.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
4.
|
Bagaimana
pada akhirnya tokoh utama berhasil mencapai apa yang dia cita-citakan dengan
cara yang luar biasa, menarik, dan unik?
|
Everett dan
grup Soggy Bottom Boys berhasil memenangkan Gubernur serta Nyonya McGill.
Lebih dari itu, pada akhirnya, keyakinan Everett membuatnya berhasil
mengatasi setan dan selamat dari banjir besar.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
5.
|
Apa yang
ingin Anda sampaikan dengan mengakhiri cerita seperti ini? (Apa tema cerita
film Anda, dan apakah Anda memiliki Unifying Filmic Devices – UFD =
Unsur-unsur Pemadu Film?)
|
Tidak
peduli seberapa keras manusia mencoba, mereka tetap tidak bisa mengalahkan
takdir/kehendak Tuhan.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
6.
|
Bagaimana
Anda mengisahkan cerita film Anda? (Siapa yang harus mengisahkan cerita film
itu, jika ada, dan alat naratif apa yang hendak Anda pakai?)
|
Dengan gaya
orang ketiga, tidak ada kilas balik, tidak ada Voice Over, dan musik
digunakan secara sistematis untuk menekankan tema, adegan dan motif.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
7.
|
Bagaimana
tokoh utama dan tokoh – tokoh pendukung lain mengalami perubahan dalam cerita
ini?
|
Everett
dipaksa untuk berpikir ulang mengenai pandangannya tentang takdir dan
keyakinan. Pete, Delmar, dan Everett semuanya berhasil mendapatkan mata
pencaharian yang jujur.
|
MADISON
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
1.
|
Siapa tokoh
utama Anda? (Anda hanya boleh memiliki satu tokoh utama.)
|
Jim
McCormick.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
2.
|
Apa yang
diinginkan / dibutuhkan / didambakan oleh tokoh utama Anda? (Dengan kata
lain, apa masalah utama yang dihadapi tokoh utama? Harap diingat, masalah
utama ini perlu diartikulasikan dalam bentuk kebutuhan internal dan
eksternal.)
|
Dia ingin
menyelamatkan kota, keluarga dan pernikahannya, memenangkan lomba balapan
bergengsi, dan yang terpenting, mendapatkan cinta dari anak laki-lakinya.
Dalam istilah yang lebih spesifik, dia ingin memenangkan Piala Emas APBA
untuk membuktikan kepada dunia, dirinya sendiri, dan anak laki-lakinya bahwa
dia, juga kotanya atau warga yang mendiami kota itu, bukanlah pecundang.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
3.
|
Siapa / apa
yang tetap menghalanginya dari mendapatkan apa yang dia inginkan? (Siapa /
apa saja yang terlihat sebagai antagonis dan siapa / apa yang jelas-jelas
merupakan antagonis?)
|
Miss
Madison, perahu balap kotanya, selalu dirundung kerusakan. Kotanya tidak
memiliki cukup uang untuk mensponsori pertandingan atau memperbaiki perahu.
Obsesinya dengan Miss Madisontelah mengasingkan dirinya dari keluarganya. Dia
tidak bisa mengemudi seperti ketika dia masih muda.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
4.
|
Bagaimana
pada akhirnya tokoh utama berhasil mencapai apa yang dia cita-citakan dengan
cara yang luar biasa, menarik, dan unik?
|
Kota tempat
tinggalnya sangat mendukungnya. Kru perahu itu mencuri suku cadang dari
sebuah pesawat tua di depan balai kota dari kota tetangganya. Kepala kru lama
membantu memperbaiki kotak nitrogen oksida di kapal mereka. Dia menempati
posisi ketiga dalam heat kedua tanpa mengalami gangguan mesin. Dalam lap
terakhir, dia memanfaatkan gastersebut untuk menyalip Miss Budweiser.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
5.
|
Apa yang
ingin Anda sampaikan dengan mengakhiri cerita seperti ini? (Apa tema cerita
film Anda, dan apakah Anda memiliki Unifying Filmic Devices – UFD =
Unsur-unsur Pemadu Film?)
|
Dengan
kerja keras, ketabahan hati, dan semangat yang gigih, Anda mampu mengatasi
apa saja.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
6.
|
Bagaimana
Anda mengisahkan cerita film Anda? (Siapa yang harus mengisahkan cerita film
itu, jika ada, dan alat naratif apa yang hendak Anda pakai?)
|
Cerita ini
dikisahkan secara kronologis dengan flashback.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
7.
|
Bagaimana
tokoh utama dan tokoh – tokoh pendukung lain mengalami perubahan dalam cerita
ini?
|
Jim
mendapatkan kepercayaan diri dan harga dirinya kembali dengan menggapai
impiannya dan mengatasi rasa takutnya untuk mengemudi. Mike belajar merasa
bangga terhadap ayah dan kotanya. Bonnie menemukan cinta dan kepercayaan pada
diri sang suami yang pernah dia miliki ketika mereka pertama kali menikah.
Kota Madison merasa punya prestasi dan harga diri yang baru.
|
GLENGARRY
GLEN ROSS
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
1.
|
Siapa tokoh
utama Anda? (Anda hanya boleh memiliki satu tokoh utama.)
|
Shelly
Levene
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
2.
|
Apa yang
diinginkan / dibutuhkan / didambakan oleh tokoh utama Anda? (Dengan kata
lain, apa masalah utama yang dihadapi tokoh utama? Harap diingat, masalah
utama ini perlu diartikulasikan dalam bentuk kebutuhan internal dan
eksternal.)
|
Dia ingin
menolong putrinya, dia ingin mendapatkan informasi yang jitu, tetapi yang
paling penting, dia ingin menjadi tenaga pemasaran yang sukses, seperti yang
pernah dia capai.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
3.
|
Siapa / apa
yang tetap menghalanginya dari mendapatkan apa yang dia inginkan? (Siapa /
apa saja yang terlihat sebagai antagonis dan siapa / apa yang jelas-jelas
merupakan antagonis?)
|
Williamson
punya informasi dan dia sama sekali tidak membocorkan sebagian sebagian
informasinya kepada Shelly. Blake meragukan keberanian Shelly dalam rapat
penjualan. Shelly tidak punya uang untuk membeli informasi dari Williamson.
Dia telah kehilangan kepercayaan diri sebagai seorang tenaga pemasaran.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
4.
|
Bagaimana
pada akhirnya tokoh utama berhasil mencapai apa yang dia cita-citakan dengan
cara yang luar biasa, menarik, dan unik?
|
Dia
merampok kantornya dan menjual petunjuk yang dia miliki kepada Jerry Graff
dan Moss. Dia berhasil melakukan penjualan besar-besar-an kepada keluarga
Nyborgs yang memberinya kepercayaan diri kembali. Namun, semua ternyata tidak
ada artinya. Williamson tahu bahwa dia telah merampok kantor itu, dan
meskipun dia tidak merampok, cek Nyborgs tetap dikembalikan karena cek-nya
kosong.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
5.
|
Apa yang
ingin Anda sampaikan dengan mengakhiri cerita seperti ini? (Apa tema cerita
film Anda, dan apakah Anda memiliki Unifying Filmic Devices – UFD =
Unsur-unsur Pemadu Film?)
|
Seberapa
besra pun rasa kasihan kita pada Levene, kita mesti ingat bahwa dia sudah
tahu asam-garam bisnis penipuan yang dia lakukan. Banyak orang yang dia
lakukan untuk kebohongan itu. Cepat atau lambat, dia sendiri yang akan kena
getahnya. Mamet juga ingin menggambarkan rasa putus asa seseorang yang sudah
mentok dalam pekerjaannya sementara pimpinannya membencinya, serta
menggambarkan suatu profesi yang akhirnya mengakibatkan kebejatan moral.
Dalam bentuknya yang paling murni, Levene hanyalah seorang manusia yang
mencoba mencapai tujuan dengan cara terbaik yang dia ketahui.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
6.
|
Bagaimana
Anda mengisahkan cerita film Anda? (Siapa yang harus mengisahkan cerita film
itu, jika ada, dan alat naratif apa yang hendak Anda pakai?)
|
Secara
kronologis, tanpa Voice Over, tanpa kilas balik.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
7.
|
Bagaimana
tokoh utama dan tokoh – tokoh pendukung lain mengalami perubahan dalam cerita
ini?
|
Levene
memperoleh kembali kepercayaan dirinya dan mendapatkan uang dengan menjual
informasi, tetapi segala sesuatu yang telah dia peroleh kembali lenyap ketika
Williamson tahu bahwa dia telah merampok. Dia kembali tidak punya apa-apa.
|
THE X-MEN
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
1.
|
Siapa tokoh
utama Anda? (Anda hanya boleh memiliki satu tokoh utama.)
|
Wolverine
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
2.
|
Apa yang
diinginkan / dibutuhkan / didambakan oleh tokoh utama Anda? (Dengan kata
lain, apa masalah utama yang dihadapi tokoh utama? Harap diingat, masalah
utama ini perlu diartikulasikan dalam bentuk kebutuhan internal dan
eksternal.)
|
Dia ingin
mengalahkan Magneto dan menyelamatkan Rogue. Dia berusaha agar Rogue tidak
berubah menjadi orang seperti dirinya, dan dia ingin mengetahui apa yang
terjadi padanya lima belas tahun silam.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
3.
|
Siapa / apa
yang tetap menghalanginya dari mendapatkan apa yang dia inginkan? (Siapa /
apa saja yang terlihat sebagai antagonis dan siapa / apa yang jelas-jelas
merupakan antagonis?)
|
Wolvie
dihalangi oleh Magneto, rasa enggannya untuk menjadi bagian sebuah tim
ataupun membiarkan seseorang peduli kepadanya, serta perilaku “selalulah
menjadi nomor satu”.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
4.
|
Bagaimana
pada akhirnya tokoh utama berhasil mencapai apa yang dia cita-citakan dengan
cara yang luar biasa, menarik, dan unik?
|
Wolvie
berhasil mengalahkan ancaman maut Magneto dengan cara mengatur agar Storm dan
Jean melontarkannya ke puncak Patung Liberty, lalu mengobrak-abrik mesin
milik Magneto, dan membiarkan Rogue mengambil kekuatannya.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
5.
|
Apa yang
ingin Anda sampaikan dengan mengakhiri cerita seperti ini? (Apa tema cerita
film Anda, dan apakah Anda memiliki Unifying Filmic Devices – UFD =
Unsur-unsur Pemadu Film?)
|
Anda harus
memiliki keyakinan, pengharapan dan toleransi!!
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
6.
|
Bagaimana
Anda mengisahkan cerita film Anda? (Siapa yang harus mengisahkan cerita film
itu, jika ada, dan alat naratif apa yang hendak Anda pakai?)
|
Secara
kronologis, dengan gaya bertutur orang ketiga, dengan Voice Over di awal
film, serta sedikit kilas balik.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
7.
|
Bagaimana
tokoh utama dan tokoh – tokoh pendukung lain mengalami perubahan dalam cerita
ini?
|
Wolverine
belajar untuk menjadi bagian dari tim dan untuk peduli kepada orang lain selain
dirinya sendiri. Cyclops belajar bahwa dia memiliki kualitas yang dibutuhkan
untuk menjadi seorang pemimpin. Jean Grey menemukan rasa percaya diri dalam
menggunakan kekuatannya.
|
SHILOH
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
1.
|
Siapa tokoh
utama Anda? (Anda hanya boleh memiliki satu tokoh utama.)
|
Marty
Preston
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
2.
|
Apa yang
diinginkan / dibutuhkan / didambakan oleh tokoh utama Anda? (Dengan kata
lain, apa masalah utama yang dihadapi tokoh utama? Harap diingat, masalah
utama ini perlu diartikulasikan dalam bentuk kebutuhan internal dan
eksternal.)
|
Marty ingin
menyelamatkan Shiloh.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
3.
|
Siapa / apa
yang tetap menghalanginya dari mendapatkan apa yang dia inginkan? (Siapa /
apa saja yang terlihat sebagai antagonis dan siapa / apa yang jelas-jelas
merupakan antagonis?)
|
Kedua
orangtuanya, kemiskinannya, dan yang paling jelas, Judd Travers.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
4.
|
Bagaimana
pada akhirnya tokoh utama berhasil mencapai apa yang dia cita-citakan dengan
cara yang luar biasa, menarik, dan unik?
|
Dengan cara
menyadarkan Judd lewat kerja keras dan cinta.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
5.
|
Apa yang
ingin Anda sampaikan dengan mengakhiri cerita seperti ini? (Apa tema cerita
film Anda, dan apakah Anda memiliki Unifying Filmic Devices – UFD =
Unsur-unsur Pemadu Film?)
|
Anda harus
jujur dan bekerja keras!! Dan yang tak boleh dilupakan, jangan menilai
seseorang dari penampilan luar nya saja.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
6.
|
Bagaimana
Anda mengisahkan cerita film Anda? (Siapa yang harus mengisahkan cerita film
itu, jika ada, dan alat naratif apa yang hendak Anda pakai?)
|
Secara
kronologis, dengan gaya bertutur orang ketiga, dengan Marty sebagai tokoh
protagonis nya.
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
7.
|
Bagaimana
tokoh utama dan tokoh – tokoh pendukung lain mengalami perubahan dalam cerita
ini?
|
Marty
belajar tentang perlunya bersikap jujur dan bekerja keras. Judd belajar untuk
sedikit mencintai. Ibu Marty belajar untuk bisa mengungkapkan perasaan nya
sendiri.
|
HARRY POTTER
AND THE SORCERER’S STONE
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
1.
|
Siapa tokoh
utama Anda? (Anda hanya boleh memiliki satu tokoh utama.)
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
2.
|
Apa yang
diinginkan / dibutuhkan / didambakan oleh tokoh utama Anda? (Dengan kata
lain, apa masalah utama yang dihadapi tokoh utama? Harap diingat, masalah
utama ini perlu diartikulasikan dalam bentuk kebutuhan internal dan
eksternal.)
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
3.
|
Siapa / apa
yang tetap menghalanginya dari mendapatkan apa yang dia inginkan? (Siapa / apa
saja yang terlihat sebagai antagonis dan siapa / apa yang jelas-jelas
merupakan antagonis?)
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
4.
|
Bagaimana
pada akhirnya tokoh utama berhasil mencapai apa yang dia cita-citakan dengan
cara yang luar biasa, menarik, dan unik?
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
5.
|
Apa yang
ingin Anda sampaikan dengan mengakhiri cerita seperti ini? (Apa tema cerita
film Anda, dan apakah Anda memiliki Unifying Filmic Devices – UFD =
Unsur-unsur Pemadu Film?)
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
6.
|
Bagaimana
Anda mengisahkan cerita film Anda? (Siapa yang harus mengisahkan cerita film
itu, jika ada, dan alat naratif apa yang hendak Anda pakai?)
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
7.
|
Bagaimana
tokoh utama dan tokoh – tokoh pendukung lain mengalami perubahan dalam cerita
ini?
|
HARRY POTTER
AND THE SORCERER’S STONE
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
1.
|
Siapa tokoh
utama Anda? (Anda hanya boleh memiliki satu tokoh utama.)
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
2.
|
Apa yang
diinginkan / dibutuhkan / didambakan oleh tokoh utama Anda? (Dengan kata
lain, apa masalah utama yang dihadapi tokoh utama? Harap diingat, masalah
utama ini perlu diartikulasikan dalam bentuk kebutuhan internal dan
eksternal.)
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
3.
|
Siapa / apa
yang tetap menghalanginya dari mendapatkan apa yang dia inginkan? (Siapa /
apa saja yang terlihat sebagai antagonis dan siapa / apa yang jelas-jelas
merupakan antagonis?)
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
4.
|
Bagaimana
pada akhirnya tokoh utama berhasil mencapai apa yang dia cita-citakan dengan
cara yang luar biasa, menarik, dan unik?
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
5.
|
Apa yang
ingin Anda sampaikan dengan mengakhiri cerita seperti ini? (Apa tema cerita
film Anda, dan apakah Anda memiliki Unifying Filmic Devices – UFD =
Unsur-unsur Pemadu Film?)
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
6.
|
Bagaimana
Anda mengisahkan cerita film Anda? (Siapa yang harus mengisahkan cerita film
itu, jika ada, dan alat naratif apa yang hendak Anda pakai?)
|
NO.
|
PERTANYAAN
& JAWABAN
|
7.
|
Bagaimana
tokoh utama dan tokoh – tokoh pendukung lain mengalami perubahan dalam cerita
ini?
|
Demikian tip dan
trik 1 ini penulis lamirkan, semoga bermanfaat bagi Anda semua pencinta tulis
menulis. GBU & have a nice day…..