F.I. FatrickSelamat Datang Di WebBlog Site Profil Saya ini semoga bermanfaat bagi Anda semua.... Selamat Datang Di WebBlog Site Profil Saya ini semoga bermanfaat bagi Anda semua.... Selamat Datang Di WebBlog Site Profil Saya ini semoga bermanfaat bagi Anda semua....
F.I. FatrickPersonal Profile... Personal Profile... Personal Profile...

Nama Bulan


NAMA BULAN


JANUARI
Kata ini diambil dari nama dewa bangsa Roma yaitu dewa dengan dua wajah bernama Janus. Kedua wajah yang bertolak belakang, satu menatap ke depan dan lainnya menoleh ke belakang sebagai pelambang tatapan masa lalu dan pandangan ke masa depan. Janus yang akhirnya menjadi Januari sampai saat ini dijadikan bulan mawas diri sebagai pemisah tahun yang lalu dan tahun baru.

FEBRUARI
Berasal dari kata latin Februa, suatu istilah untuk pesta penyucian yang diselenggarakan oleh bangsa Romawi Kuno pada tiap tanggal 15 Februari. Bulan ini adalah bulan yang paling sedikit jumlah harinya; 28 hari pada tahun biasa dan 29 hari pada tahun kabisat. Tahun kabisat datang 4 tahun sekali untuk mengimbangi kekurangan dan kelebihan akibat hitungan hari dalam setahun yang tidak bulat yaitu 365 hari, 5 jam, 48 menit dan 46 detik.

MARET
Semula bulan Maret merupakan bulan pertama dalam kender yang dipakai sekarang ini (Kalender Julian). Tidak diketahui secara jelas siapa dan bagaimana sejarahnya hingga bulan tersebut berpindah ke urutan ketiga. Maret itu sendiri berasal dari kata Mars, nama Dewa Perang bangsa Romawi Kuno yang sangat terkenal karena kegaranganya dan keberanianya yang tiada tara.

APRIL
Asal kata nama bulan ke empat ini masih belum disepakati secara pasti. Sebagian mengatakan nama April berasal dari kata Aphrodite, yang berarti Dewi Cinta. Agak mendekati kebenaran jika ditilik dari asal kata adalah Aperire yang berarti membuka. Pikiran ini muncul karena orang Yunani menyebut musim semi yang dimulai bulan April dengan istilah “Pembukaan”.

MEI
Kata Mei diperkirakan di ambil dari istilah Maia Maestra, Dewa Musim Semi. Musim semi disambut meriah dengan festival- festival oleh banyak rakya Eropa. Gadis tercantik dan pria tertampan dipilih untuk dinobatkan menjadi raja dan ratu yang akan memimpin tari- tarian dalam festival- festival itu. Di Inggris tradisi ini masih dilakukan tiap bulan Mei, ratu disebut Maid Marian dan sang raja Robin Hood.

JUNI  
Kata Juni berasal kata Juno, nama Dewi Feminim yang melambangkan harkat kewanitaan yang membawa kebahagiaan keluarga. Bagi sementara kalangan, terutama masyarakat Eropa, bulan Juni dianggap bulan yang paling baik untuk melangsungkan perkawinan. Mereka percaya bahwa kawin pada bulan Juni akan membawa kebahadiaan bagi pasangan pengantin dan keturunannya.

JULI
Bulan ketujuh ini pada mulanya bernama Quintilis dan aslinya terletak pada urutan kelima. Tetapi ketika Roma dikuasai oleh Mark Anthony nama bulan itu dirubah menjadi Juli, diambil dari nama Julius Cesar sebagai penghormatan kepada Kaisar Romawi yang terkenal itu. Tidak disebutkan apakah Mark Anthony juga memindahkan urutan bulan seperti tersebut di atas itu.

AGUSTUS
Seperti halnya bulan ketujuh, bulan kedelapanpun beasal dari nama Kaisar Romawi, Agustus. Bahkan dia sendiri pula menempatkan namanya itu dalam kalender tersebut. Untuk kekuasaannya Dia merubah jumlah hari, mengurangi jumlah hari pada bulan Februari lalu menambahkanya pada bulan kedelapan itu. Itu sebabnya maka  bulan Februari menjadi bulan paling sedikit jumlah harinya.

SEPTEMBER
September berasal dari kata Septa, bahasa latin berarti tujuh. Pada mulanya memang bulan September memang berada pada urutan ke tujuh kalender Julian. Tetapi pada abad ke delapan sebelum Masehi, pembagian tahun diubah dari 10 bulan menjadi 12 bulan, tanpa merubah namanya terlebih dahulu bulan Septebber ditempatkan di urutan ke sembilan dan berlaku sampai saat ini.

OKTOBER
Sebagai halnya dengan bulan September, bulan Oktober juga mengalami nasib serupa. Namanya berasal dari kata Okto, bahasa latinya yang berarti delapan. Semula berada pada urutan ke delapan dan bergeser pada urutan ke sepuluh mengikuti pergeseran bulan- bulan ; September, November dan Desember. Belum ada agasan untuk memperbaiki arti kata dengan kesesuaian urutan dari nama- nama bulan tersebut.

NOVEMBER
Mengikuti urutan bilangan latin, November berasal dari kata latin, Novem yang berarti sembilan. Sebelim diadakan pembaharuan di zaman Julius Cesar, bulan November hanya mempunyai 29 hari, bukan 30 hari seprti yang dikenal dewasa ini. Orang Inggris Kuno menyebut November sebagai “Bulan Berdarah” karena musim pembantaian ternak menjelang musim dingin.

DESEMBER
Baik pad zaman Romawi Kuno maupun pada masa modern sekarang ini, bulan Desember merupakan bulan terakhir dari peninggalan setahun. Desember berasal dari kata Decem, yang berarti sepuluh. Oleh bangsa- bangsa yang hidup di negara belahan bumi sebelah utara, bulan Desember dikenal sebagai ‘Bulan Suci’ karene semua negeri ditutupi oleh salju dan es yang memutih sepanjang hari.

Daftarkan PayPal Anda untuk mempermudah transaksi online Anda..!!!

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
PESANLAH BUKU-BUKU STAR WARRIORS 1 (EDISI 1 - 7) KE ADMIN@NULISBUKU.COM SEKARANG JUGA...!!! TERIMA KASIH....