F.I. FatrickSelamat Datang Di WebBlog Site Profil Saya ini semoga bermanfaat bagi Anda semua.... Selamat Datang Di WebBlog Site Profil Saya ini semoga bermanfaat bagi Anda semua.... Selamat Datang Di WebBlog Site Profil Saya ini semoga bermanfaat bagi Anda semua....
F.I. FatrickPersonal Profile... Personal Profile... Personal Profile...

Manusia & Bumi

Manusia di Bumi

Hampir setiap sudut Bumi ditempati manusia yang berkembang dengan cepat. Sekarang di Bumi ada lebih dari 5000 juta orang dan jumlah penduduk meningkat terus.

ü  Perkembangan manusia
Bangssa-bangsa manusia yang utama ialah orang Negro, Australoid, Mongoloid, dan Kaukasoid. Mereka mungkin mulai berkembang sekitar 100.000 tahun yang lalu. Kemudian, migrasi dan pencampuran menghasilkan lebih beraneka-ragam bangsa. Beberapa penduduk purba, seperti suku Bushman di Afrika tinggal terasing. Migrasi bangsa Mongol ke Dunia Baru.

  • Manusia Neanderthal dan Sezaman
  • Homo erectus
  • Homo sapiens pertama
  • Australopithecus

Australopithecines                  1.000.000
Pithecanthropus                      100.000
Manusia Neanderthal             70.000
Manusia Cro-Magnon             30.000

Australopithecus, manusia-kera primitif, mungkin telah mempergunakan perkakas. Pithecanthropus atau Manusia Peking adalah binatang pertama yang menyerupai manusia. Manusia Neanderthal dalam banyak hal nampak seperti manusia sekarang. Pada sekitar 35.000 tahun sebelum Masehi ia digantikan oleh Manusia Cro-Magnon, nenek moyang kita.

Penduduk Bumi lebih dari 5000 juta orang, setiap jam lahir 7000 bayi. Tahun 1999 Bumi akan menampung antara 6000 dan 7000 juta orang. Sejak dulu kala manusia telah biasa dengan keadaan yang paling buruk. Zaman dulu manusia berburu dan menangkap ikan di gumpalan-gumpalan es yang terapung di Arktik, di pulau-pulau terpencil di Samudera Pasifik dan di pedalaman yang panas di Australia. Penyakit dan kelaparan menekan jumlah penduduk. Kelebihan penduduk, walau dalam waktu singkat, akan mengakibatkan kekurangan makanan. Sepuluh ribu tahun yang lalu manusia telah belajar cara bercocok-tanam. Cara hidupnya pun mengalami perubahan.

Lebih dari separuh penduduk Bumi sekarang kelaparan. Di negara kaya, penduduk yang banyak itu sekarang menghabiskan sumber alam Bumi – makanan, mineral, minyak, logam dan bahan mentah lain – dengan kecepatan yang luar biasa.

Sumber Makanan Bumi

Dua pertiga penduduk Bumi masih menghadapi kelaparan dan kekurangan makanan
.
Makanan manusia lebih bervariasi dari pada makanan binatang yang manapun. Semua makanan ini diperoleh dengan menanami tanah, mengolah laut dan menternakkan bermacam-macam binatang.

Benttuk pertama mulai di daerah pegunungan Sungai Trigis dan Efrat, di Timur  Dekat. Di sini, 10.000 tahun yang lalu, gandum dan jawawut merupakan tanaman pertama yang ditanam dan dituai. Ternak seperti domba dan kambing dipelihara untuk diperoleh susu, daging dan bulunya.

Dalam keadaan wajar, dunia tumbuhan dan binatang di Bumi dapat menunjang kehidupan sekitar empat juta orang.

Sekalipun demikian dalam 35 tahun mendatang penduduk Bumi yang lebih dari 5000 juta orang itu, mungkin akan berlipat dua. Menambah persediaan makanan bagi semua yang lapar ini, akan menjadi soal yang amat rumit.

Dua pertiga penduduk Bumi kekurangan makanan. Jika panen yang berhasil menimbulkan kelaparan, ribuan orang mati kelaparan. Program-program pertolongan pada kelaparan memberikan bantuan di daerah yang paling menderita.

Kekayaan Bumi

ü  Mineral dan Makanan
Semua meniral yang dipergunakan manusia tertutup dalam kerak Bumi dan harus ditambang atau digali. Sering kali panas dan tekanan hebat yang diakibatkan oleh gerakan Bumi, menghimpun bahan-bahan tersebut dalam kantung-kantung besar. Dimana ada mineral cukup untuk dapat ditambang secara ekonomis, maka batuan yang terdapat di situ disebut bijih.

Beberapa mineral paling palin penting ialah logam seperti besi, tembaga, timah putih dan alumunium. Logam-logam ini dipergunakan untuk membuat bahan bangunan, alat listrik dan barang lain.
Bijih itu digali dihancurkan dan dilebur (dipanasi sampai meleleh) untuk memurnikannya.

Arang batu, minyak dan gas disebut bahan bakar fosil, bukan mineral sejati.
Arang batu dibentuk dari tumbuh-tumbuhan rawa tropis. Tumbuhan yangt mati tidak rusak dalam tanah yang penuh air, tetapi tertutup di bawah sedimen.
Minyak dan gas berasal dari sisa-sisa tumbuhan dan binatang purba yang hidup di laut. Ketika kerangka binatang menjadi busuk, terbentuklah sedimen yang mengandung minyak. Lapisan ini pada waktunya dikelilingi oleh lapisan batuan yang tebal yang tidak dapat ditembus minyak. Dengan demikian terbentuklah lapangan endapan minyak dan gas.

ü  Pencarian Kekayaan Alam
Bijih logam mempengaruhi lapangan magnet Bumi, jadi alat yang bernama magneto meter dapat juga dipergunakan untuk mengetahui adanya bijih itu.
Kadang-kadang gempa buatan diadakan di daratan, atau dibawah air, untuk mengetahui susunan batuan. Jika para penyidik tambang mencari mineral radioaktif  seperti uranium, dipergunakan geiger counter untuk menunjukan partikel-partikel yang bermuatan.

Menuju Planet Tandus ?

Hanya ada satu Bumi. Perubahan apapun yang dibuat manusia atasnya --
untuk  kebaikan atau keburukan -- akan dialami oleh generasi-generasi berikutnya. Manusia merupakan satu-satunya makhluk yang telah dapat mengubah muka Bumi. Telah ditemukan alat-alat besar yang dapat mengubah hutan dan padang rumput menjadi tanah pertanian. Pencemaran udara dan air memberi suatu pelajaran yang pahit mengenai planet kita.

Daftarkan PayPal Anda untuk mempermudah transaksi online Anda..!!!

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
PESANLAH BUKU-BUKU STAR WARRIORS 1 (EDISI 1 - 7) KE ADMIN@NULISBUKU.COM SEKARANG JUGA...!!! TERIMA KASIH....